twitter
    Entri Terbaru Twitter, Follow Me :)

Cara Menggunakan Pen Tool Di Photoshop

Pen Tool adalah salah satu Tool dari sekian banyak Tool pada Photoshop. Kenapa    saya membuat tutorial khusus buat Pen Tool ini? itu karena banyak para pemula yang kesulitan membuat lengkungan - lengkungan kurva yang sesuai keinginan. Ini penting karena Pen Tool ini juga termasuk Tool yang paling sering di gunakan dalam Photoshop. Jadi bisa di bilang menggunakan Pen Tool adalah teknik dasar yang wajib di kuasai.


Ok langsung saja kita mulai.
Pertama yang harus anda ketahui adalah Option pada Pen Tool.. ada beberapa opsi pada Pen Tool yang akan saya kenalkan, perhatikan gambar di bawah ini :














Lihat, ada Tiga Option yang tersedia pada gambar diatas. Tapi ketika kalian mengaktifkan Pen Tool, yang berfungsi hanya Dua buah saja.. yaitu Paths dan Shape Layer, sementara Fill Pixel tidak bisa diaktifkan.. berikut perbedaan keduanya :
a) Shape Layer ;


















Kalau anda mengaktifkan mode Shape Layer, maka ketika membuat dua buah pilihan titik penghubung atau lebih maka secara otomatis akan membentuk sebuah bidang (Shape).
b) Paths ;




















Nah, yang ini yang paling sering digunakan kalau pengaturan ini yang diaktifkan. Maka ketika anda menghubungkan titik-titik kurva, mereka tidak akan langsung membentuk sebuah bidang atau Shape tadi.

Nah, untuk RubberBand itu fungsinya untuk menunjukkan bentuk Shapenya secara otomatis sebelum di klik, untuk lebih tahu pastinya coba saja bedakan sendiri membuat Path secara biasa dengan menggunakan RubbeBand.

OK.. Setelah mempelajari fungsi-fungsi dari Opsinya sekarang mari kita belajar membuat Path.
























                            dowload gambar ini

Ambil contoh kita membuat Path mengikuti gambar yang telah di sediakan, gunakan opsi Path saja. Klik kiri pada titik awal, lalu klik lagi pada titik ke dua seperti gambar di bawah ini.
















Lalu arahkan cursor ke tengah garis yang telah di bentuk tadi, lalu klik kanan > add anchor point.




















Kemudian tahan tombol Ctrl lalu drag titik tadi ke atas seperti gambar di bawah ini.















Lalu klik sekaligus drag pada titik seperti gambar di bawah ini.

























Lalu klik lagi, drag lagi... klik lagi, dan drag lagi...sampai mengitari titik awal yang kita buat tadi. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
























































































































Dan akhirnya sampai begini..


























Terus mau di apakan kalau sudah begini??..

Nah inilah pelajaran selanjutnya.." Menggunakan PATH "
Ada beberapa hal yang bisa di gunakan kalau sudah membuat Path yaitu ;
1. Membuat Vektor Mask
2. Mengubahnya menjadi Seleksi (Make Selection)
3. Membuat Shape sendiri
4. Mewarnai (Fill)
5. Stroke Path

Ok kita bahas Satu-satu..

1. Membuat Vektor Mask (Create Vektor Mask)
Untuk yang ini kita tidak bisa menggunakannya pada layer background. Untuk membuatnya tinggal klik kanan pada path yang sudah dibuat tadi (masih mengaktifkan pen tool), lalu klik kanan > Create Vektor Mask.. kalau sudah, maka layer yang kita aktifkan akan di Masking.

2. Mengubah Menjadi Seleksi (Make Selection)
Kalau yang ini fungsinya untuk mengubah path tadi menjadi seleksi. Caranya sama seperti tadi, yaitu klik kanan pada path lalu pilih Make Selection.. lalu akan tampil jendela Make Selection.. disitu bisa diatur Feather radiusnya.

3. Membuat Shape
Kalau yang ini fungsinya untuk membuat Shape..caranya sama seperti yang diatas.. klik kanan pada path > Define Custom Shape.

4. Mewarnai (Fill)
Kalau yang ini fungsinya untuk mewarnai.. caranya juga sama... klik kanan pada path > Fill Path.. nanti   akan muncul jendela Fill Path, disitu bisa diatur mau diwarnain sesuai warna Foreground Color atau background Color atau bisa memilih sendiri warnanya... bisa juga pakai Pattern.. Opacity ,Blending Mode , Feather Radiusnya juga bisa disetting.

5. Stoke Path
Kalau yang ini fungsinya untuk membuat Tool yang kita pilih bekerja mengikuti Path yang kita buat tadi, ini contohnya kalau brush..nanti dia  akan terbrush sesuai Path yang kita buat tadi pada layer yang di aktifkan.

























Jadinya seperti begini..

























Kalau Simmulate Pressure-nya di centang maka akan jadi seperti ini..

























Untuk menghapus Path-nya.. Klik kanan Path > Delete Path.

Sekian..
SALAM PLUR..

6 komentar:

kubah masjid mengatakan...

Makasih tutornya gan, ditunggu kunjungan baliknya di anekakubahmasjid.com

Arlam mengatakan...

bang masih bingung nih :3 pas udah di make selection itu di klick kanan pilihan fill path gak bisa di pilih/klick ... tlong di reply ya ,, terimakasih :)

Unknown mengatakan...

Sangat bermanfaat sekali tutornya gan bagi mereka yang baru belajar menggunakan pen tool.

Bagi yang berminat belajar desain grafis bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/desain-grafis.html

bajawa_pigasina mengatakan...

tanks gan...// siip

bajawa_pigasina mengatakan...

tanks gan...// siip

Unknown mengatakan...

Jadi ngerti saya gan.....mkasih ya tutornya good luck

Posting Komentar