twitter
    Entri Terbaru Twitter, Follow Me :)

Buat Pasfoto Sendiri Pake Photoshop


Photoshop bisa membuat pasfoto murah ces… cetak pasfoto ukuran 4×6 dan ukuran 2×3 harga nya sama kan? Rp. 1500 / lembar nya. kalo cetak 10 lembar 4×6 saja udah 15.000.. buzettt.. hehehe…

Bagai mana cara bikin pasfoto murah, ukuran nya bisa macam-macam lagi ?

Saya kasih tutorialnya nach… bisa-bisa fuji film bangkrut klo begini… hehehe.. Semoga bermanfaat brow..

Kita mulai saja…

Pertama bikin dokumen ukuran 4R seperti gambar di bawah..

Tutorial membuat pas foto Dengan Photoshop



Jangan lupa, sebelumnya persiapkan foto kamu dalam bentuk file gambar, yang bagus yaach… atau kalo kamu difoto di studio jangan lupa minta save di flashdisk atau CD. jadi kamu punya back up foto nya.


Buka foto kamu yang sudah dipersiapkan tadi, ukuran nya pasti sembarangan.. gimana cara cropping biar ukurannya persis sesuai dengan pasfoto yang mau kamu bikin ? gampang itu..
Ikuti saja ukuran seperti gambar di bawah ini..

Tutorial membuat pas foto Dengan Photoshop

Klik Crop tool, lalu ubah parameternya sesuai keinginan kamu.. pertama : ubah panjang dan lebar nya : saya kasih contoh : buat foto ukuran 4 x 6 , jadi ukuran width = 4cm, height = 6 cm, resolusi nya jangan lupa set, samakan dengan waktu pas buat dokumen baru tadi, yaitu 300 pixel/inch.

Tutorial membuat pas foto Dengan Photoshop


Sekarang tinggal select dengan cara drag di area yang mau di crop..lalu tekan enter.. jadi dech ukuran 4x 6 nya. lalu masukan pas foto 4×6 tadi ke dokumen baru, dengan cara men DRAG.

Tutorial membuat pas foto Dengan Photoshop



Sekarang balik lagi ke foto 4 x 6 tadi, jadikan foto itu 2x 3, caranya sama dengan diatas. Setelah proses pindah dari foto 2×3 ke dokumen baru. Buat pasfoto 3×4. di Undo dulu foto 2×3 nya, dengan pencet tombol CTRL + ALT + Z. jadi foto 4×6 lagi kan ? tujuannya supaya foto 3×4 nya bagus.. kalo dibuat dari 2×3 dikhawatirkan hasil cetaknya jelek.  setelah jadi pasfoto 4×6 lagi, setting lagi Crop tool nya jadi 3 cm dan 4 cm. seleksi… lalu enter.. masukkan ke dokumen baru 4R.

Sekarang kita punya perpaduan 3 ukuran pas foto.. sekarang tugas kita tinggal mengatur peletakan pas foto tadi di lembar 4R, bagai mana biar muat banyak..

Tutorial membuat pas foto Dengan Photoshop


Duplikasi foto 4×6, 3×4 dan 2×3 secukupnya, cara duplikasi ada digambar. Kalo mau diputar caranya, Klik gambar yang mau di rotate, lalu Klik transform trus klik rotate 90 CW atau sebaliknya..

Tutorial membuat pas foto Dengan Photoshop


Atur.. biar muat banyak fotonya..( Irit skali yach… hehehe). Biar banyak setting nya harus begini :

Tutorial membuat pas foto Dengan Photoshop



Kalo sudah.. langsung save saja taro di disket atau flashdisk atau Burn di CD. terus bawa ke FUJI FILM atau tempat cetakan DIGITAL.. bilang ke penjaganya.. ” BANG, MAU CETAK 4R, 5 lembar..” Kalo sudah selesai di cetak, Gungting sendiri saja dirumah !  JANGAN PERNAH MELAMAR KERJA PAKE FOTO YANG BELUM DIGUNTING! hehe.

Perkiraan harga :

4R = Rp. 1500

Foto 4×6 : 2 x 5 lembar 4R = 10 lembar foto ukuran 4×6
Foto 3×4 : 5 x 5 lembar 4R = 25 lembar foto ukuran 3×4
Foto 2×3 : 5 x 5 lembar 4R = 25 lembar foto ukuran 2×3.


Semuanya 60 lembar pasfoto.. harga cara konfensional = 60 x 1500 = Rp. 90.000,- addeh..
Dengan hasil edit Photoshop cuma 5×1500 = 7.500 perak sajah… waahh.. hemat puluhan kali lipat..
hehehe … silahkan coba yach… semoga bermanfaat dan bisa berhemat..
Untuk estimasi harga kalo salah maafkan yach.. soalnya sudah lupa harga-harga cetak..yang jelas itu bisa hemat puluhan kali lipat.

Kalo mau buat 4×6 nya yang banyak setting nya kayak begini :

Tutorial membuat pas foto Dengan Photoshop


Ok ces,,slamat mencoba....
SALAM PLUR....

- Cara Desain Sendiri Poster Di Photoshop -

Seleksi Menggunakan Magnetic Lasso Tool

Magnetic Lasso Tool adalah sebuah tool yang bisa digunakan untuk membuat seleksi secara cepat pada gambar yang memiliki tingkat kontras yang tinggi. Keakuratan hasil seleksi tergantung dari kondisi gambar dan kepekaan tool ini sendiri. Tool ini menyeleksi dengan baik pada kartun berwarna yang kita tahu kontras warnanya tinggi. Cara menggunakannyapun mudah, tinggal klik diatas gambar yang akan kita seleksi, kemudian geser ( drag ) pointer mouse tanpa harus menekan tombol mouse terus-menerus walaupun sesekali kita bisa melakukan klik untuk membuat titik point tambahan. Magnetic Lasso Tool terletak di kelompok Lasso Tool.

Kelompok Lasso Tool terdiri dari dari:

  1. Lasso Tool
  2. Polygon Lasso Tool
  3. Magnetic Lasso Tool






















Mengatur Preferensi Magnetic Lasso Photoshop

Mengatur preferensi digunakan untuk menyesuaikan kebutuhan hasil seleksi yang akan dibuat. Maksudnya hasil seleksi dipengaruhi oleh pengaturan ini, contohnya tepian seleksi diperhalus, maka kita akan mengatur feather.Pengaturan ini ada bermacam-macam opsi yang bisa Anda lihat pada gambar berikut:















  1. New selection, digunakan untuk membuat seleksi baru saat klik mouse.
  2. Add to selection, digunakan untuk menambah / melebarkan area seleksi yang sudah ada.
  3. Substract from selection, digunakan untuk mengurangi / memotong area seleksi yang sudah ada.
  4. Intersect with selection, digunakan untuk membuat area seleksi baru berdasarkan perpotongan seleksi pertama dan kedua.
  5. Feather, berfungsi untuk mengatur transparansi pada tepi seleksi, tepian seleksi lebih halus.
  6. Klik pilihan anti-aliasing, berfungsi untuk mengurangi ujung seleksi yang bergerigi dan tidak rata.
  7. Atur ukuran width, berfungsi untuk mengatur jarak antara tiap-tiap tepian seleksi yang dianggap sebagai jalur seleksi. Magnetic lasso akan mendeteksi ujung dari garis yang masih berada dalam jamgkauan pointer. Saya menyarankan untuk menggunakan nilai kecil pada pengaturan ini. Namun ini tidaklah baku, tergantung kondisi ( kontras dan ketajaman ganbar ) yang anda seleksi.
  8. Atur ukuran Edge Contrast, berfungsi untuk mengatur seberapa kontras tingkat perbedaan warna yang akan di deteksi oleh Magnetic lasso sebagai tepian seleksi. Gunakan nilai kecil juga pada pengaturan ini ( sesuaikan dengan kontras dan ketajaman gambar ).
  9. Atur frekuensi, berfungsi untuk mengatur jumlah titik-titik yang muncul sebagai alur ( jalur path ) seleksi. Tersedia nilai 0 sampai 100, jika ingin lebih detail ( menyerupai gambar ) gunakan nilai 100.
  10. Tablet pressure, berfungsi untuk mengatur tekanan dari stylus, tidak perlu diatur jika Anda menggunakan mouse.














Catatan ;
  • Pada gambar dengan tepian kontras tinggi, misalnya gambar kartun, gunakan nilai Edges Contras yang tinggi.
  • Pada gambar foto dengan tepian yang nampak kabur / lembut, gunakan nilai yang rendah.
  • Saat membuat seleksi, tekan tombol ] untuk meningkatkan Width sebanyak 1 pixel ; tekan [ untuk mengurangi sebanyak 1 pixel.
  • Jika ingin menghapus beberapa titik yang telah terbuat, lakukan dengan menekan tombol Delete di keyboard.
  • Jika ingin menghapus semua titik yang telah di buat, tekan tombol ESC.
Terima Kasih..
Salam Plur

Cara Mempercantik Tampilan Facebook

Banyak cara untuk mempercantik tampilan Facebook kita salah satunya yang saya pakai dengan menggunakan themas layout dari fbskins.com. Karna kita bisa membuat tema sendiri, pilihan temanya banyak serta fitur seperti pemutar musik, mengganti cursor dll. Namun tema ini hanya bisa dilihat di PC sendiri kecuali kita mengajak dan kompak sama teman-teman semua untuk meggunakannya atau kebetulan orang lain juga menggunakan-nya otomatis tema kita akan terlihat. Bagi teman-teman yang ingin mencobanya silahkan langsung mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.


2. Pilih Tema yang teman mau, dengan meng-Klik salah satu temanya seperti gambar di bawah;

















3. Pilih Preview kalau sudah, seperti yang dilingkari pada gambar dibawah ini;

















4. Pilih SET THIS AS MY FACEBOOK SKIN, di bawah;

















5. Muncul kotak dialog seperti gambar dibawah ini, lalu Klik CONTINUE.
















6. Kemudian muncul lagi kotak dialog seperti di bawah dan Klik SAVE FILE.
















7. Tunggu proses Download selesai.

8. Buka SocialExtrasPlugin.exe ( yang barusan di download ).

9. Bila muncul kotak dialog!! Langsung pilih Yes.

10. Muncul kotak dialog Open File - Security Warning, Klik RUN.

11. Kemudian di kotak dialog Social Extras Setup => Next => I Agree => Install.

12. Tunggu proses instalan-nya selesai sampai Browser te-restart Otomatis.

13. Buka Facebook Anda dan TEEDENGGG....Tampilan Facebook berubah.

Contoh Punyaku :




























Sekian dulu untuk cara mempercantik tampilan facebook, semoga bermanfaat bagi teman-teman semua, terima kasih n salam PLUR selalu tentunya.

- Cara Membuat Sampul Facebook Unik -

Cara Menggunakan Pen Tool Di Photoshop

Pen Tool adalah salah satu Tool dari sekian banyak Tool pada Photoshop. Kenapa    saya membuat tutorial khusus buat Pen Tool ini? itu karena banyak para pemula yang kesulitan membuat lengkungan - lengkungan kurva yang sesuai keinginan. Ini penting karena Pen Tool ini juga termasuk Tool yang paling sering di gunakan dalam Photoshop. Jadi bisa di bilang menggunakan Pen Tool adalah teknik dasar yang wajib di kuasai.


Ok langsung saja kita mulai.
Pertama yang harus anda ketahui adalah Option pada Pen Tool.. ada beberapa opsi pada Pen Tool yang akan saya kenalkan, perhatikan gambar di bawah ini :














Lihat, ada Tiga Option yang tersedia pada gambar diatas. Tapi ketika kalian mengaktifkan Pen Tool, yang berfungsi hanya Dua buah saja.. yaitu Paths dan Shape Layer, sementara Fill Pixel tidak bisa diaktifkan.. berikut perbedaan keduanya :
a) Shape Layer ;


















Kalau anda mengaktifkan mode Shape Layer, maka ketika membuat dua buah pilihan titik penghubung atau lebih maka secara otomatis akan membentuk sebuah bidang (Shape).
b) Paths ;




















Nah, yang ini yang paling sering digunakan kalau pengaturan ini yang diaktifkan. Maka ketika anda menghubungkan titik-titik kurva, mereka tidak akan langsung membentuk sebuah bidang atau Shape tadi.

Nah, untuk RubberBand itu fungsinya untuk menunjukkan bentuk Shapenya secara otomatis sebelum di klik, untuk lebih tahu pastinya coba saja bedakan sendiri membuat Path secara biasa dengan menggunakan RubbeBand.

OK.. Setelah mempelajari fungsi-fungsi dari Opsinya sekarang mari kita belajar membuat Path.
























                            dowload gambar ini

Ambil contoh kita membuat Path mengikuti gambar yang telah di sediakan, gunakan opsi Path saja. Klik kiri pada titik awal, lalu klik lagi pada titik ke dua seperti gambar di bawah ini.
















Lalu arahkan cursor ke tengah garis yang telah di bentuk tadi, lalu klik kanan > add anchor point.




















Kemudian tahan tombol Ctrl lalu drag titik tadi ke atas seperti gambar di bawah ini.















Lalu klik sekaligus drag pada titik seperti gambar di bawah ini.

























Lalu klik lagi, drag lagi... klik lagi, dan drag lagi...sampai mengitari titik awal yang kita buat tadi. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
























































































































Dan akhirnya sampai begini..


























Terus mau di apakan kalau sudah begini??..

Nah inilah pelajaran selanjutnya.." Menggunakan PATH "
Ada beberapa hal yang bisa di gunakan kalau sudah membuat Path yaitu ;
1. Membuat Vektor Mask
2. Mengubahnya menjadi Seleksi (Make Selection)
3. Membuat Shape sendiri
4. Mewarnai (Fill)
5. Stroke Path

Ok kita bahas Satu-satu..

1. Membuat Vektor Mask (Create Vektor Mask)
Untuk yang ini kita tidak bisa menggunakannya pada layer background. Untuk membuatnya tinggal klik kanan pada path yang sudah dibuat tadi (masih mengaktifkan pen tool), lalu klik kanan > Create Vektor Mask.. kalau sudah, maka layer yang kita aktifkan akan di Masking.

2. Mengubah Menjadi Seleksi (Make Selection)
Kalau yang ini fungsinya untuk mengubah path tadi menjadi seleksi. Caranya sama seperti tadi, yaitu klik kanan pada path lalu pilih Make Selection.. lalu akan tampil jendela Make Selection.. disitu bisa diatur Feather radiusnya.

3. Membuat Shape
Kalau yang ini fungsinya untuk membuat Shape..caranya sama seperti yang diatas.. klik kanan pada path > Define Custom Shape.

4. Mewarnai (Fill)
Kalau yang ini fungsinya untuk mewarnai.. caranya juga sama... klik kanan pada path > Fill Path.. nanti   akan muncul jendela Fill Path, disitu bisa diatur mau diwarnain sesuai warna Foreground Color atau background Color atau bisa memilih sendiri warnanya... bisa juga pakai Pattern.. Opacity ,Blending Mode , Feather Radiusnya juga bisa disetting.

5. Stoke Path
Kalau yang ini fungsinya untuk membuat Tool yang kita pilih bekerja mengikuti Path yang kita buat tadi, ini contohnya kalau brush..nanti dia  akan terbrush sesuai Path yang kita buat tadi pada layer yang di aktifkan.

























Jadinya seperti begini..

























Kalau Simmulate Pressure-nya di centang maka akan jadi seperti ini..

























Untuk menghapus Path-nya.. Klik kanan Path > Delete Path.

Sekian..
SALAM PLUR..